Tau Gak Alasan Susunan Huruf Keyboard Diacak?

0

Bintaronline.id – Bro and sis, pernah gak berfikir kalau susunan keyboard kenapa diacak? Kenapa gak dibikin sesuai abjad aja? Pasti ada alasannya dong?

Semua bermula dari pencipta mesin tik dan keyboard, Christopher Latham Sholes pada tahun 1860-an.

Dulu emang pada awalnya keyboard dibikin sesuai abjad. Tapi karena meningkatnya kemampuan user dalam kecepatan mengetik, akibatnya tombol tertentu jadi sering macet dan batang-batang yang menghentak pita mengalami kegagalan saling mengait sehingga menghambat pekerjaan.

Alasan tersebut lah yang membuat pria kelahiran Mooresburg, Montour, Pennsylvania, Amerika Serikat, 14 Februari 1819 ini mengacak-acak kembali susunan keyboard, hingga akhirnya menemukan kombinasi susunan paling sulit yakni QWERTY.

Desain keyboard tersebut kemudian dijual ke Remington untuk diproduksi secara masal pada 1873. Sebenernya bukan gak ada saingan, seiring berjalannya waktu QWERTY pernah bersaing dengan DVORAK Simplified Keyboard (DSK) yang dibuat August Dvorak pada 1936.

Desain itu diklaim sebagai yang paling efisien, cepat dan egronomis. Namun DVORAK kalah bersaing hingga akhirnya QWERTY yang terkenal lebih dulu pada organisasi-organisasi dunia saat itu tidak ingin mengambil risiko rusak untuk mengganti DVORAK.

Makanya QWERTY digunakan pada komputer, laptop dan handphone sampai saat ini bro and sis. Gimana udah pada tau kan? Semoga bermanfaat yah.

Teks & Foto Yudianto

About Author

Leave A Reply