Green Camp di Sekolah Hikari Ajarkan Anak Kenali Lingkungan 

0

– Indonesian Education Promoting Foundation (IEPF) dan Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia (YSPI) merupakan lembaga yang peduli dan menginginkan adanya pola pikir baru di dunia pendidikan. IEPF bekerja sama dengan Sekolah Hikari dan didukung oleh Environmental Restoration and Conservation Agency (ERCA) serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, menyelenggarakan Kemah Hijau (Green Camp) yang ceria bagi para siswa Sekolah Dasar.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kepekaan anak-anak terhadap masalah yang berkaitan dengan lingkungan dan pembangunan,” ungkap Ketua Acara Green Camp, Billy Rizky Aditya.


Kegiatan yang berlangsung Sabtu (18/2) hingga Minggu (19/2) juga bertujuan untuk memberikan anak-anak pengalaman dan pemahaman dasar tentang apa yang diperlukan untuk memelihara lingkungan yang berkelanjutan.

“Dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan perasaan dan sikap peduli dengan sesama manusia dan lingkungan. Mengembangkan keterampilan dasar anak-anak untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan menyelesaikan masalah lingkungan,” kata Billy.

156 siswa dari berbagai SD di Tangsel mengikuti kegiatan yang berlangsung di Sekolah Hikari. Selain kemah dan outbond, mereka juga diajarkan untuk menanam pohon bambu bersama di lingkungan Sekolah Hikari.

“Kami mengajarkan anak-anak untuk mempelajari peta bencana hazard map. Dalam kegiatan jni juga kita adakan seminar tentang penanggulangan bencana,” jelas Billy.

Diharapkan anak-anak dapat mempelajari lingkungan dengan merasakan secara langsung, tidak hanya teori saja dalam kelas tetapi juga ikut turun ke lapangan. Sehingga siswa benar-benar bisa mengerti dan mau menjaga lingkungan di sekitarnya yang berkelanjutan dan menjaga bumi ini dengan baik tanpa merusak alam sekitar.

“Melalui hazard map, dan anak-anak juga dapat mempelajari tentang penanggulangan bencana di sekitar lingkungannya, sehingga ketika ada suatu peristiwa yang tidak terduga datangny, anak-anak telah siap untuk mengetahui dan tahu bagaimana harus bertindak,” bebernya.

Teks & Foto : Nadia

About Author

Leave A Reply