Tips Foto Keren dengan Kamera Handphone

0

Bintaronline.idHandphone menjadi barang yang wajib kita bawa kemana-mana. Selain untuk berkomunikasi, handphone juga sering kali kita gunakan untuk mengabadikan sebuah momen.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini banyak sekali smartphone yang dibekali kamera dengan resolusi tinggi hingga 50 Megapiksel. Namun tingginya resolusi tersebut bukan jaminan bagi kita untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Terkadang kita sering kecewa karena hasil foto yang kita ambil kurang memuaskan entah goyang, blur, tidak fokus atau faktor lainnya. Lalu bagaimana cara memaksimalkan kamera smartphone agar mendapatkan hasil foto yang keren?

  1. Perhatikan Cahaya yang Menerangi Obyek

Terkadang kita lupa akan cahaya di sekitar saat mengambil foto. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek cukup, tidak gelap atau terlalu terang. Foto di outdoor mungkin akan lebih mudah ketimbang indoor. Tipsnya jika di indoor gunakanlah flash kamera handphone agar mendapatkan cahaya yang cukup. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah 2-3 meter, jadi jangan terlalu berharap bisa menerangi seluruh ruangan.

  1. Usahakan Sestabil Mungkin Saat Pegang Handphone

Biasanya foto akan goyang karena terlalu banyak gerakan. Tipsnya, usahakan saat mengambil foto Anda perlu menahan napas sejenak agar mengurangi guncangan atau gerak tangan saat pengambilan gambar.

  1. Jangan Gunakan Zoom

Biasanya agar telihat lebih dekat kita sering kali menggunakan fitur zoom. Sebenarnya tidak salah menggunakan zoom pada kamera handphone. Akan tetapi resolusi fotonya akan berkurang dan membuat foto kurang tajam.

  1. Setting Auto-Focus

Sering kali kita foto hasilnya blur tidak jelas. Itu dikarenakan kamera tidak fokus ke obyek. Akan lebih baik jika kita ubah pengaturannya ke auto-focus. Jika tidak memiliki fitur ini, Anda bisa menekan layar handphone untuk memfokuskan obyek.

  1. Cari Angle yang Tidak Biasa

Biasanya kita foto sesuatu hanya dari sudut biasa sehingga hasilnya juga biasa-biasa saja. Cobalah mengabil foto dari angle yang tidak biasa, misalnya low angle, high angle  atau bila perlu menggunakan benda di sekelilingnya sebagai frame untuk mendapatkan hasil foto yang keren.

Teks & Foto Yudianto

About Author

Leave A Reply