Edukasi Burung Paruh Bengkok bersama Tangerang Parrot Lovers

0

– Komunitas Tangerang Parrot Lovers (TPL) mengadakan kegiatan sosialisasi tentang jenis burung paruh bengkok di Scientia Square Park, Serpong Digital Center, Sumarecon Serpong, Tangerang, Sabtu (25/2).

TPL sendiri merupakan komunitas pecinta burung paruh bengkok wilayah Tangerang Selatan yang berdiri sejak 4 September 2015 dan anggotanya mencapai 40 orang. Setiap anggota biasanya memiliki lebih dari satu burung paruh bengkok. Semuanya adalah jenis paruh bengkok yang habitatnya di luar Indonesia seperti Macaw, Sun Conure, African Grey dan lain-lain.


Kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada para pengunjung mengenai jenis burung paruh bengkok mulai dari habitat, makanan, karakter dan tingkat kepintarannya.

Sosialisasi TPL di Scientia Square Park bukanlah tanpa alasan, karena tempat ini merupakan suatu taman bermain bagi anak-anak yang lebih mementingkan nilai edukasi flora dan fauna.

“Kami Tangerang Parrot Lovers sudah 2 kali diundang ke sini. Tujuannya untuk memperkenalkan beragam jenis burung parung bengkok kepada para pengunjung Scientia Square Park,” kata Yoedhi, Ketua TPL.

Burung paruh bengkok dikategorikan sebagai burung paling pintar di dunia karena mampu dilatih untuk berbicara, melakukan berbagai macam trik, dan bisa dilatih free fly (terbang bebas di udara kemudian kembali ke pemiliknya).

Jenis paruh bengkoknya pun beragam, ada Macaw, African Grey, Falk, Sun Conure, Parkit, Love Bird, Kakatua, Nuri dan masih banyak lagi. Namun keberadaan burung paruh bengkok yang asalnya dari Indonesia seperti nuri dan kakatua, kini statusnya sudah termasuk kategori hewan dilindungi karena populasinya mulai terancam akibat maraknya perburuan liar.

“Harapan kami di sini agar masyarakat umum mulai memerhatikan dan mencintai burung paruh bengkok, sehingga dapat lebih aktif dalam ikut serta menjaga dan melestarikan burung paruh bengkok Indonesia,” tutupnya.

Teks Yudianto
Foto Doc

About Author

Leave A Reply