Pertunjukan Wayang Beber Metropolitan di Love Festival 2017

0

– Love Festival 2017 “Piknik Musik Asik” menyisakan banyak cerita. Pada acara tersebut juga ada pertunjukan menarik dari Wayang Beber Metropolitan (WBM) di Bintaro Xchange Mall Park, Minggu (26/2).

WBM merupakan sebuah komunitas yang anggotanya gemar terhadap seni, khususnya seni rupa (sketsa). Demi melestarikan kebudayaan Indonesia, pada 2009 WBM membuat sebuah karya wayang beber.

Wayang beber memiliki ciri khas pada cerita yang menarik, cara membawakannya, karakter gambar wayang, sampai pada makna cerita yang bisa diaplikasikan ke dalam proses kehidupan.


Uniknya, wayang-wayang beber dibuat dengan bahan daur ulang seperti sandal atau limbah yang tidak dapat dipakai lagi.

Pada pertunjukan di Love Festival 2017, WBM diiringi dengan alunan musik dari komunitas Biola Tangerang, menceritakan sebuah kisah kura-kura yang ingin bisa terbang seperti teman penghuni hutan Pancawarna yakni burung kakatua, rangkong dan burung-burung lainnya.

Meski mustahil, namun pada akhirnya sang kura-kura dapat mewujudkan impiannya tersebut berkat bantuan burung garuda. Syaratnya, kura-kura harus menggigit erat ranting pohon yang nantinya akan dicengkeram dibawa terbang oleh burung garuda. Selama terbang, kura-kura dilarang berteriak atau berbicara.

Namun si kura-kura lupa akan janjinya. Karena terlalu senang, kura-kura bermaksud ingin menyapa teman-temannya di bawah dan pada akhirnya dia terjatuh karena gigitannya terlepas dari ranting pohon.

Pada pertunjukan WBM kali ini, ada sedikit pesan yakni selalu bersukurlah dengan apa yang ada pada diri kita. Tuhan menciptakan makhluk dengan bentuk yang berbeda-beda karena memang ada sebab dan fungsinya masing-masing.

Teks & Foto Yudianto

About Author

Leave A Reply