Mana Lebih Sehat, Teh atau Kopi?

0

– Teh dan Kopi menjadi minuman yang paling digemari di Indonesia. Selain masing-masing mempunyai manfaat bagi kesehatan, tetapi masih banyak orang yang belum tahu lebih sehat mana teh atau kopi.


Berikut penelitiannya seperti dikutip laman KALCare :

  1. Teh

Mengonsumsi teh 3-4 cangkir setiap hari dapat menurunkan risiko stroke, penyakit jantung dan diabetes tipe 1. Antioksida yang kaya dalam teh hijau berfungsi untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya sehingga baik untuk mencegah berbagai kanker dan melepaskan stres. Teh hijau memiliki zat anti-penuaan dan dapat menurunkan risiko kehilangan memori ingatan akibat faktor usia. Selain itu, teh putih juga sangat baik untuk mencegah obesitas.

Namun dari semua manfaat itu ada yang perlu Anda ketahui. Jumlah kandungan tannin dalam teh cukup banyak, sehingga dapat mengurangi penyerapan zat besi harian tubuh. Selain menyebabkan gigi menjadi kuning, kandungan kafein pada teh dapat menyebabkan kecemasan dan meningkatkan tekanan darah.

  1. Kopi

Mengonsumsi 2-5 cangkir kopi dapat mencegah risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan juga Parkinson serta Alzheimer. Meminum kopi secara alami dapat menurunkan risiko asam urat tinggi untuk orang berusia di atas 40 tahun. Selain itu kopi dapat melindungi hati sehingga baik untuk mencegah sirosis atau kanker hati.

Namun ada bahaya yang perlu diwaspadai jika salah dalam mengonsumsi kopi. Jika kopi tidak disaring, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu kafein dalam kopi dapat dengan tiba-tiba menaikkan atau menurunkan tekanan darah. Parahnya 19 dari 1000 senyawa dalam kopi adalah senyawa karsinogen (pemicu kanker).

Dari kesimpulan di atas, baik teh maupun kopi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika dikonsumsi secara normal, tentu akan mendapatkan manfaat terbaik untuk sehat. Anda dapat memilih  produk organik untuk mencegah pestisida menempel pada biji kopi atau daun teh.

Teks & Foto Yudianto

About Author

Leave A Reply