Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Dibentuk

0

– Dinas Kesehatan Kota Tangsel membentuk Tim Satgas Kawasan Tanpa Rokok di kawasan pemerintah Kota Tangsel. Berjumlah 70 orang, tim satgas ini berisi para staf ahli tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Asisten Daerah, ditambah dengan anggota Polres Tangsel.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Tangsel Listya Windyarti mengungkapkan, tim satgas ini melakukan pengawasan internal pada lokasi yang ditetapkan sebagai KTR. Selain itu nantinya tim ini juga melakukan pelarangan terhadap seluruh iklan, penjualan dan promosi rokok yang ada di sekitar KTR.


”Untuk saat ini KTR yang sudah ditetapkan adalah seluruh kantor OPD yang ada di Tangsel, kemudian kantor pelayanan, kawasan perkantoran, kawasan kesehatan, serta kawasan pendidikan,” katanya selepas memberikan materi dalam Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Kota Sehat, Selasa (14/3).

Listya mengungkapkan jika kedapatan merokok di KTR, akan dikenai hukuman administrasi sebesar Rp 1 juta, dan atau kurungan penjara paling lama tiga bulan. ”Kalau nanti ada kawasan perkantoran kedapatan membiarkan orang merokok di sembarang tempat atau tidak memiliki ruang khusus merokok, izin operasinya akan kami cabut,” kata Listya.


Ditambahkannya, gerakkan KTR ini merupakan salah satu pewujudan membangun Kota Sehat di Tangsel,  yang kini sedang dalam masa persiapan verifikasi untuk dilaksanakan pada Mei.

”Untuk wujudkan Kota Sehat, diperlukan indikator, dan KTR ini adalah salah satu program yang dijadikan indikator untuk membuat Tangsel sebagai Kota Sehat,” ujar Listya.

Nadia

 

Share Berita ini:

Leave A Reply