HUT ke 98 Damkar, Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan Indonesia

0

– Dalam rangka Hari Ulang Tahun yang ke 98 Pemadam Kebakaran (Damkar), Kota Tangerang Selatan, menggelar peringatan di Lapangan Cilenggang, Kecamatan, Jumat (17/3).

Dalam peringatan tersebut, diperagakan sebuah aksi memadamkan kebakaran yang dilakukan oleh petugas Damkar Tangsel.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengatakan peringatan HUT ke-98 Damkar ini mengingatkan untuk terus bekerja dan berbuat lebih baik demi bangsa dan negara dalam bentuk pelayanan dan penyelamatan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi setiap bangsa Indonesia.


“Peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran ini, mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dan pentingnya tindakan yang mengedepankan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran,” ungkapnya.

Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan “Branweer”.


“Kita mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik atau industri, pasar, hutan dan lahan gambut,” jelasnya.

Peringatan hari pemadam kebakaran setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para petugas pemadam kebakaran yang kita kenal sejak 1919 yang telah memberikan pelayanan, pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan korban kebakaran dan bencana lainnya.

Pasukan Damkar mempunyai moto ‘Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya’. “Kita melihat sosok petugas pemadam kebakaran yang bekerja dengan siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, melakukan tugas dengan iklas tanpa pamrih, tanpa mengharap pujian dan sanjungan, memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan,”ujar Ben.

Nadia

 

Share Berita ini:

Leave A Reply