Waktu Tidur yang Pas untuk Hidup Sehat

0

– Di era sekarang, kemajuan teknologi secara otomatis mengubah gaya hidup masyarakat. Kebiasaan menonton TV dan memainkan gadget membuat kita kurang mempunyai waktu tidur yang cukup untuk membiasakan hidup sehat.

Rata-rata penduduk di kota besar hanya mendapatkan waktu tidur 4-5 jam sehari. Padahal normalnya manusia membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 jam sehari untuk hidup lebih sehat.

Dikutip dari laman KALCare, dunia kesehatan menunjukkan adanya fakta bahwa manusia secara alami akan mengantuk dan tidur saat matahari terbenam. Namun menurut Jerome Siegle, pemimpin penelitian dan Professor bidang kejiwaan di Semel Institute of Neuroscience and Human Behavior di U.C.L.A., Amerika Serikat, adanya lampu dan penerangan lainnya membuat malam hari tetap terang sehingga kualitas tidur menjadi berkurang.


Meski belum ada bukti kuat untuk mendukung teori di atas, namun ada penelitian yang menunjukkan mereka yang tidur di luar ataupun di dalam pondok, tidak akan tidur ketika matahari terbenam. Biasanya mereka tidur 3-4 jam setelah matahari terbenam dan bangun satu jam sebelum matahari terbit.

Menurut America Academy of Sleep Medicine dan The Sleep Research Society, orang dewasa memiliki waktu tidur yang baik selama 7 jam atau lebih secara rutin. Namun hal ini membuat mereka setuju dengan jam minimal untuk tidur sehingga banyak yang memilih jalan pintas mengonsumsi obat tidur.

Bahkan menurut Jim Horne, pimpinan Sleep Research Center di Loughborough University di Inggris menyebutkan bahwa kualitas tidur sehat lebih penting daripada jumlah jam yang didapatkan. Akan tetapi ada yang perlu kita khawatirkan jika membutuhkan tidur lebih lama. Tidur kurang dari 7 jam membuat Anda lebih rentan terkena obesitas, diabetes dan serangan jantung.

Teks Yudianto
Foto Doc

 

Share Berita ini:

Leave A Reply