Google Rayakan Ulang Tahun Eiko Ishioka Ke-79

0

Bintaronline.id – Kemarin rupanya Google Doodle merayakan hari ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 dengan memasang grafis untuk mengenangnya pada halaman utama, Rabu (12/7).

Eiko Ishioka adalah seorang penata seni, perancang busana, dan perancang grafis yang dikenal berbagai karyanya di panggung, perfilman, periklanan, dan media cetak.

Lahir di Tokyo, 12 Juli 1938, Eiko terkenal lewat iklan waralaba toserba dari Jepang Parco. Berkolaborasi dengan perusahaan pakaian olahraga Descente sebagai perancang pakaian untuk tim Swiss, Kanada, Jepang dan Spanyol pada Olimpiade musim dingin 2002 di Salt Lake City dan penata busana untuk upacara pembukaan Olimpiade musim panas 2008 di Beijing.

Perempuan asal Jepang ini prestasinya semakin ciamik manakala memenangkan Desain Kostum Terbaik dalam Penghargaan Oscar untuk karyanya dalam film Bram Stoker’s Dracula yang disutradarai Francis Ford Coppola dan dinominasikan dalam Penghargaan Oscar untuk kategori yang sama untuk karyanya dalam film Mirror Mirror yang disutradarai oleh Tarsem Singh.

Eiko meninggal di Tokyo 21 Januari 2012 akibat penyakit yang dideritanya yakni komplikasi kanker pankreas.

Hingga saat ini karyanya pun masih tersimpan di beberapa museum di seluruh dunia, termasuk di Museum of Modern Art di Kota New York.

Teks Yudianto
Foto Doc Wikipedia

Leave A Reply