Sahkah Polisi Menilang Tanpa Surat Tugas?

0

Bintaronline.id – Sudah menjadi kewajiban bagi polisi untuk melakukan penegakan hukum dalam menjalankan tugasnya. Razia atau tindak penilangan misalnya, sering kali kita bertanya apakah boleh polisi menjalakan tugasnya tersebut tanpa surat perintah?

Ternyata hal ini memiliki dasar hukum yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 200 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum (UU LLAJ).

Petugas yang melakukan pemeriksaan kendaraan secara berkala atau incidental karena operasi kepolisian dan penanggulangan kejahatan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas yang dikeluarkan oleh atasan Polri, atasan penyidik PNS bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

Surat tersebut memuat alasan dan pola pemeriksaan, waktu dan tempat pemeriksaan, penanggung jawab, daftar petugas Polri atau penyidik PNS bidang Lalin dan angkutan umum yang bertugas dalam pemeriksaan kendaraan bermotor tersebut.

Dalam Kode Etik Kepolisan, surat perintah tugas ini dikenal dengan nama Perintah Kedinasan. Lalu bagaimana jika polisi yang tidak memiliki surat tugas tapi menilang Anda?

Menurut Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Umum tertulis : “Jika saat razia kendaraan Polantas tidak punya surat perintah tugas, maka razia kendaraan itu tidak sah dan masyarakat berhak menolak untuk diperiksa.”

Teks Yudianto
Foto poldametrojayadotinfo

 

Share Berita ini:

Leave A Reply