Belajar Berbagi dengan Sesama

0

Bintaronline.id – Murid-murid Mentari Intercultural School Bintaro (MISB) bekerjasama dengan komunitas Bintaro Berbagi mengadakan kegiatan berbagi sarapan untuk orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam 3 sesi, yaitu 23 September, 30 September, dan 7 Oktober di seputar area Bintaro Jaya. Meeting point diadakan di resto siap saji Mc Donald Emerald, Sektor 9 Bintaro Jaya.

Kegiatan ini diadakan untuk mendukung kurikulum Community & Services Program atau Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang wajib dijalankan oleh murid kelas 7 hingga kelas 9 MISB, di mana harus memenuhi total 20 jam dalam setahun. Program ini ditujukan untuk mengembangkan kepedulian dan tanggung jawab para murid MISB terhadap pentingnya berbagi kepada sesama di lingkungan sekitar.

Sementara itu program berbagi sarapan adalah sebuah program dari komunitas Bintaro Berbagi untuk membagikan sarapan kepada para pekerja jalanan yang beraktivitas sejak subuh/pagi hari (penyapu dan petugas kebersihan jalanan) dan orang-orang yang membutuhkan/ berhak menerima, seperti para pemulung dan tuna wisma di seputar area Bintaro Jaya.

“Orang-orang seperti mereka membutuhkan nutrisi untuk tubuh agar dapat menunjang kegiatan mereka seharian,” jelas Pratisena Wiryateja, atau yang akrab disapa Wira,  salah seorang volunteer murid kelas 7 MISB yang juga merupakan salah satu penggerak kegiatan ini.

Bersama dua rekannya, Darrel dan Maura yang sesama murid kelas 7 MISB, Wira menggerakkan kegiatan ini. “Kami ingin agar kegiatan Community & Service Program ini dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan bersama dengan teman-teman dan  ingin menghapus anggapan bahwa bekerja untuk Community & Service Program selalu menyakitkan,” jelas Wira yang merupakan warga Emerald Town House, sektor 9 Bintaro Jaya ini.

Untuk keperluan pengadaan nasi bungkus, segenap murid-murid peserta program ini menggalang dana dari lingkungan sekitar mereka. Selebihnya, menggunakan anggaran yang disiapkan oleh para donatur reguler/donatur tetap Komunitas Bintaro Berbagi. Setiap kegiatan biasanya disiapkan 100 nasi bungkus.

Distribusi nasi bungkus dilakukan dengan menggunakan mobil milik volunteer dan Bintaro Berbagi. Dimulai dari depan resto siap saji Mc Donalds Emerald,  rutenya menuju Distrik Kebayoran Residences, BXc Mall, BTC, Distrik Senayan dan Distrik Emerald. “Kita memberikansatu per-satu nasi ke orang-orang yang memang layak menerima,” jelas Wira.

Awalnya, volunteer yang berhasil digandeng berjumlah 16. Saat kegiatan ketiga, Sabtu (7/10) jumlahnya bertambah menjadi 27 orang. Nasi bungkus yang awalnya hanya disiapkan 100 unit, kali ini jumlahnya ditambah menjadi 120 unit.

Selesai mengikuti program Community & Service Program, ternyata murid MISB yang berminat bergabung sebagai volunteer membludak. Wira, Darrel, Maura kemudian mengonsep sebuah kegiatan sosial lainnya. Kali ini  temanya “Berbagi Senyum”. Kegiatan ini diadakan Sabtu (14/10). Targetnya adalah anak-anak dari Kampung Pemulung.

Dalam kegiatan ini Wira dan teman-temannya sesama volunteer akan mengajar Bahasa Inggris dengan metode bermain. Tentunya dengan sukarela, tanpa bayaran. Hingga saat ini, jumlah Volunteer yang mendaftar mencapai 50 orang.

Sebelum menjalankan kegiatan Berbagi Senyum, mereka berbagi sarapan untuk anak-anak dari kampung pemulung terlebih dahulu. Mereka juga membagikan buku cerita bekas yang berhasil dikumpulkan dari teman-temannya.

“Dengan adanya publikasi yang baik, kegiatan ini dapat dijadikan contoh bermanfaat bagi pihak yang mengetahui, membaca atau terinformasi dengan baik, sehingga menginspirasi mereka untuk tidak ragu-ragu berbuat kebaikan kepada sesama dengan berbagi dalam bentuk apapun itu,” tutup Wira.

Naskah: Benino Aspiranta, Foto: Dok

 

Share Berita ini:

Leave A Reply