Mulai 31 Oktober 2017 Registasi Kartu SIM Wajib Pakai Nomor KTP dan KK

0

Bintaronline.id –Pemerintah secara resmi memberlakukan ketentuan baru proses registrasi kartu SIM berdasarkan nomor e-KTP dan KK mulai 31 Oktober 2017.

Aturan baru ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang merupakan perubahan Permen Nomor 12 Tahun 2016. Tujuannya untuk verifikasi data oleh petugas penyelenggara jasa telekomunikasi ke database Ditjen Dukcapil dan aktivasi nomor pelanggan.

Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di e-KTP dan KK agar proses validasi berhasil.

Seperti dikutip Liputan6.com, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjelaskan proses registrasi dan validasi data ini berlaku untuk pelanggan baru maupun lama.

Rudiantara menambahkan, registrasi baru ini dijadikan sebagai rujukan utama database pelanggan seluler di Indonesia, sehingga data tidak bisa dipalsukan.

Untuk registrasi pelanggan baru sama seperti sebelum-sebelumnya, namun ditambah dengan nomor KK yakni dengan mengetik SMS dengan format NIK#NomorKK# kirim ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama, formatnya ketik ULANG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Dengan ini pemerintah menargetkan registrasi ulang pelanggan yang datanya belum tervalidasi bisa selesai paling lambat 28 Februari 2018.

Teks Yudianto
Foto Doc

 

Share Berita ini:

Leave A Reply