Rebut Pasangan Orang atau Selingkuh Bisa Dipidana

0

Bintaronline.id – Menjalin hubungan dengan lawan jenis tentu sah-sah saja. Karena memiliki pasangan dipercaya mampu meningkatkan semangat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Bila sudah memiliki pasangan janganlah pernah bermain api dengan pasangan orang lain. Jika Anda masih bandel mengganggu pasangan orang lain, Anda akan berurusan dengan hukum.

Berikut ini 5 akibat hukum jika Anda bermain api dengan pasangan orang lain seperti dikutip klinikhukum.com :

  1. Pacaran dengan pasangan orang lain bisa terkena pasal perzinahan

Pacaran dengan orang lain bisa dikenakan Pasal 284 KUHP tentang perzinahan jika telah mengarah ke perbuatan zina. Zina adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang telah kawin dengan perempuan atau laki-laki yang bukan istri atau suami atas dasar suka sama suka.

  1. Selingkuh via telepon, email, dan chat bisa dipidana

Apabila muatan dari telepon, email, dan chat mengandung konten yang melanggar kesusilaan, maka bisa dijerat dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/denda paling banyak Rp 1 Miliar. Ini merujuk pada Pasal 27 ayat (1) jo. Pasal 45 ayat (1) Undang-undang ITE.

  1. Dipidana jika menyebar foto bermuatan asusila

Jika mempunyai foto-foto bersama selingkuhan yang bermuatan asusila, kemudian foto-foto tersebut disebar/dikirim kepada orang lain, maka pelakunya bisa dijerat dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/denda paling banyak Rp1 Miliar. Ini merujuk pada Pasal 27 ayat (1) jo. Pasal 45 ayat (1) Undang-undang ITE.

  1. Dipidana jika pelaku perselingkuhan melakukan pengancaman

Jika mengancam pasangan selingkuhan demi mendapatkan keuntungan, maka bisa dipidana penjara paling lama 9 tahun karena melakukan pengancaman. Jika ancaman melalui media elektronik, pelaku pengancam dapat dikenakan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 Miliar. Hal ini merujuk pada Pasal 368 ayat (1) KUHP, jo Pasal 45 ayat (4) UU ITE.

  1. Digugat cerai oleh pasangan karena SMS mesra dengan selingkuhan

Jika ketahuan selingkuh maka bisa saja digugat cerai oleh pasangan karena salah satu alasan dasar untuk perceraian adalah pasangan berzina. Tetapi perlu diketahui bahwa SMS mesra hanyalah sebagai salah satu bukti, sehingga perlu didukung dengan alat bukti lain didukung dengan alat bukti lain untuk keperluan pembuktian di persidangan perceraian, seperti saksi, persangkaan, pengakuan, atau sumpah.

Teks Yudianto

Leave A Reply