Tiga Faktor Penyebab Bau Mulut

0

Bintaronline.id – Pernah mengalami masalah bau mulut? Penyakit yang secara medis disebut dengan halitosis ini jelas sangat mengganggu dalam hubungan sosial, terlebih dampaknya akan dijauhi orang.

Sekitar 50–60 persen orang di antaranya merasa sangat terganggu akan bau mulut. Sebagian besar kasus bau mulut yang dialami memang terjadi akibat gangguan kesehatan pada mulut, gangguan makan, dan gaya hidup tidak sehat.

Berikut ini 3 faktor penyebab bau mulut dilansir KALCare:

  1. Malas Membersihkan Gigi
    Malas menggosok atau membersihkan gigi bisa menyebabkan sisa-sisa makanan menempel di mulut. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di gigi, gusi, dan lidah, dan menimbulkan bau mulut. Jika dibiarkan terus-menerus, bakteri dapat menimbulkan gigi berlubang yang juga merupakan salah satu sumber bau mulut (terutama jika ada sisa makanan tertinggal di dalam gigi yang berlubang). Selalu gosok gigi Anda dan gunakan benang gigi untuk memastikan gigi benar-benar bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut. Cari obat kumur yang berfungsi sebagai antibakteri dan bukan hanya sekadar membuat napas segar.
  2. Makanan yang Anda Makan
    Apa yang Anda makan memengaruhi napas Anda. Saat selesai dicerna, makanan akan mengalir ke dalam aliran darah kemudian dikeluarkan oleh paru-paru dalam bentuk napas. Makanlah makanan sehat dengan diet seimbang secara teratur agar terhindar dari bau mulut. Apel, seledri, dan wortel bisa membersihkan mulut dari kotoran. Sebaliknya, bawang dan makanan pedas bisa menimbulkan bau mulut. Aroma kopi juga terkadang menempel di lidah, membuat aroma mulut Anda kurang sedap. Usahakan minum banyak air setelah makan untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel di gigi. Teh herbal dan teh hijau (tanpa gula) serta susu juga bisa menghilangkan aroma makanan yang kurang sedap.
  3. Merokok
    Bukan hanya buruk bagi kesehatan, merokok juga dapat membuat aroma mulut Anda tidak sedap. Cerutu, pipa, maupun rokok biasa, semua memberikan efek yang sama: bau mulut.

Teks Yudianto
Foto: Istimewa

Leave A Reply