Dinas Kominfo Ajak OPD Percepat Masterplan Kota Cerdas

0

Bintaronline.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk ikut dalam Gerakan Menuju 100 Smart City 2017. Hal ini dikemukakan saat Bimbingan Teknis Implementasi Percepatan Masterplan Kota Cerdas Menuju Tangsel Smart City, Senin, (6/11).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Ismunandar, konsep smart city adalah salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, semua stakeholder harus berupaya untuk mengimplementasikan hal tersebut.

“Dalam mengimplementasikan kualitas SDM, Pemkot harus mendorong dan memberikan motivasi serta melatih, agar dapat menerapkan penyelenggaraan pemerintahan yang cerdas atau smart,” kata Ismunandar.

Dalam rangka percepatan implementasi smart city, maka dilaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan Kementrian Kominfo. Sehingga maksud dan tujuan untuk pencapaian program smart city dapat terlaksana.

Sementara Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan bahwa dengan berkembangnya kegiatan ini, ekonomi dan tumbuhnya sektor industri, membuat kota-kota besar di seluruh dunia kini menghadapi tantangan besar.

“Munculnya keinginan masyarakat global mewujudkan sebuah kota yang layak huni untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk yang begitu cepat sehingga pemkot menyiapkan solusi sebuah kota yang terkonsep kota masa depan, smart city,” jelasnya. Sesuai dengan visi dan misi Kota Tangsel yakni mewujudkan Tangsel sebagai kota cerdas, berkualitas, dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi, serta mampu menyelesaikan persoalan yang terdapat di Tangsel, seperti kemacetan, kebersihan, dan kesehatan, dengan bantuan pemanfaatan teknologi informasi.

Smart City sebenarnya sudah ada bertahun-tahun dengan konsep uang terus berkembang dan diterapkan di berbagai negara. Salah satunya Kota Tangsel. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang sama tentang Smart City.

Diharapkan tahun ini sudah ada tinjauan terhadap rencana strategis smart city untuk Tangsel. Agar pengembangan lebih lanjut dapat sesuai dengan kondisi dan dinamika terkini.

“Saya berharap ada beberapa inisiatif yang langsung diterapkan, sehingga masyarakat juga merasakan adanya manfaat nyata. Bukan hanya sekedar wacana saja,” jelasnya.

Nadia

Leave A Reply