Apakah Kanker Bisa Tumbuh Kembali Setelah Operasi?

0

Bintaronline.id – Penyakit kanker adalah momok paling menakutkan bagi semua orang. Kanker sendiri terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang tak sehat.

Penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini berkembang biak secara abnormal, tidak terkendali, dan sangat cepat menjalar ke bagian tubuh. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan cara operasi.

Namun, yang menjadi kekhawatiran pasien kanker adalah apa kanker bisa tumbuh kembali?

Dikutip KALCare, kenyataannya kanker memang bisa tumbuh kembali. Hal ini terjadi karena sel kanker yang kecil, yang tidak terlihat oleh mata telanjang atau terdeteksi mesin scan, bisa saja tertinggal dalam tubuh setelah selesai masa pengobatan.

Karena kecilnya sel kanker yang tidak terdeteksi ini, maka tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun. Ketika tumbuh, baru gejala tersebut akan muncul.

Tindakan yang harus dilakukan adalah segera mengobatinya. Tujuannya memang lebih untuk mengontrol pertumbuhan kanker yang kambuh. Akan tetapi bukan tidak mungkin untuk menghilangkan seluruh sel kanker yang kambuh.

Untuk langkah antisipasi, mantan pasien kanker dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan sendiri atau memeriksakan diri ke dokter setiap periode tertentu. Hal ini sangat penting untuk mendeteksi kanker di tahap awal kesembuhan, karena hasil pengobatan akan lebih baik dibandingkan hasil pengobatan kanker kambuh yang sudah lanjut.

Selain pengobatan secara medis, rasa optimis dari pasien dan dukungan orang-orang terdekat juga bisa membantu pasien kanker yang tumbuh kembali.

Teks Yudianto
Foto: Istimewa

Leave A Reply