Tips Merawat Aki Kendaraan dari Akimobil.com

0

Bintaronline.id – Accu atau aki menjadi salah satu komponen penting di setiap kendaraan bermotor. Aki sendiri terbagi menjadi dua, yakni aki basah dan aki kering.

Agar aki dalam kondisi baik dan berumur panjang, maka harus dilakukan perawatan secara rutin maksimal 2 bulan sekali. Lalu seperti apa cara perawatannya?

Untuk aki basah usahakan selalu melakukan pengecekan pada batas atau garis minimal airnya. Apabila cairan sudah berada di bawah garis minimal, maka harus diisi kembali pada waktu pagi hari sebelum mobil atau motor dinyalakan.

Selain dari air aki, penting juga untuk memerhatikan kondisi altenator, karena  harus sesuai ukuran standart charge yaitu 13,5 dan maksimal 15. Apabila kurang, aki akan low charge (drop) sehingga perlu recharge. Namun, jika altenator lebih, aki akan over charge dan aki bisa cepat rusak (gembung).

Dalam merawat aki kering, usahakan menghindari penambahan aksesoris secara berlebihan. Karena semakin banyak aksesoris yang menggunakan aki, maka aki akan cepat lemah dan rusak. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah panaskan kendaraan setiap harinya minimal 5-10 menit agar kondisi aki tetap stabil.

Apabila mobil jarang dipakai, sebaiknya setiap 3 hari sekali dipanaskan pada RPM 2000 selama 5 menit, agar bisa recharge.

Sesekali cobalah periksa kabel penghubung aki supaya terminal aki tetap pada kondisi bersih dan usahakan mur baut aki dalam kondisi kencang. Hal ini bertujuan agar terminal aki tidak mudah keropos. Jika terdapat kerap putih yang menempel pada kepala aki akibat penguapan, bersihkan dengan sikat kawat dan air panas.

Namun, sebelum aki rusak pastikan kualitasnya dan jangan sampai salah dalam memilih aki. Karena aki sebelum dipasang ke mobil pun harus dirawat. Maka dari itu perhatikan toko tempat membeli aki, karena sebaik dan setenar apa pun merek akinya, apabila cara penyimpanan aki tidak sesuai standart, biasanya aki akan cepat rusak.

Berikut hal penting yang perlu diketahui jika membeli aki:

1. Perhatikan kode produksi pada badan aki, sebaiknya umur aki tidak lebih dari 8 bulan sejak diproduksi.
2. Perhatikan voltage, sebaiknya tidak kurang dari 12.5.
3. Perhatikan CCA aki, harus sesuai standart dari masing-masing tipe aki.

Tips ini dipersembahkan oleh Akimobil.com

Akimobil.com menyediakan semua tipe aki, baik untuk mobil dan motor. Semua barang yang tersedia adalah asli dan bergaransi. Akinya pun dalam kondisi fresh siap pakai, diperhatikan juga CCA (Cold Crangking Ampere) dan voltasenya, apakah sudah sesuai standar dan produksi terbaru dari pabrik.

Keunggulan lain dari Akimobil.com adalah pelayanan yang baik. Teknisinya semua berpengalaman dan profesional karena selalu mengikuti training untuk tipe aki terbaru, sehingga mengerti semua masalah aki sampai detail.

Jika mengalami masalah aki di area Tangerang, Jakarta, dan Bekasi tidak perlu khawatir. Cukup dengan menghubungi 1500 557 maka teknisi Akimobil.com akan langsung meluncur ke lokasi dengan waktu singkat dan membawa peralatan digital modern super lengkap yang dibutuhkan.

Jaminan lainnya jika menjadi pelanggan Akimobil.com adalah servis secara berkala. Akimobil.com akan selalu memonitor aki kendaraan Anda sesuai standar.

Akimobil.com
Jalan Elang Raya R 5-7, Sektor 9, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15229
Telp 1500 557
Whatsapp 0859 5903 9000
Website www.akimobil.com

Teks & Foto Yudianto

 

Leave A Reply