Tips Gunakan Sosial Media dengan Bijak dari Polri

0

Bintaronline.id – Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat pesat. Masuki era digital semua informasi dari Sabang sampai Marauke, bahkan seluruh dunia bisa kita dapat dengan mudah.

Semua itu terbantu dengan adanya media sosial (medsos). Tinggal mengakses Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Whatsapp, BBM, dan aplikasi pesan singkat lainnya, dunia seakan berada di genggaman kita.

Namun, semakin berkembang dan banyaknya pengguna medsos, orang-orang bisa dengan bebas menulis atau menyebarkan suatu informasi yang belum tentu kebenarannya.

Dampaknya sangat luas. Selain menembarkan kebencian, hal ini bisa menimbulkan perselisihan bahkan berujung ke ranah hukum.

Melihat fenomena yang tak bisa dibendung ini, Polri memberikan imbauan dengan tips menggunakan media sosial dengan bijak.

Berikuti tipsnya:

1. Hati-hati ketika men-share informasi dan data pribadi.
2. Selalu gunakan etika atau norma ketika berinteraksi dengan siapa pun.
3. Pastikan apa pun yang diposting melalui akun media sosial adalah postingan yang tidak mengandung unsur SARA.
4. Jangan memroduksi atau me-repost informasi yang belum jelas sumbernya.
5. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri mulai dari ilmu pengetahuan, berbagi materi kuliah, kordinasi dalam organisasi, bisnis, dan lain-lain.
6. Manfaatkan media sosial untuk membangun jaringan yang nantinya dapat digunakan untuk mencari pekerjaan, menjalin rekan bisnis, mencari informasi penting, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini sudah banyak masyarakat yang terkena kasus hukum akibat perilakunya di dunia maya. Karena di Indonesia, penggunaan media sosial telah di atur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Teks Yudianto

 

Leave A Reply