Benarkah Makanan Pedas Bisa Bikin Umur Panjang?

0

Bintaronline.id – Sudah bukan rahasia lagi jika kini makanan pedas menjadi primadona di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa semua menyukai sambal atau cabai.

Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih nikmat, banyak yang mengatakan bahwa makanan pedas mampu membuat badan lebih sehat.

Hal ini dibuktikan oleh riset Chinese Academy of Medical Sciences yang mengumpulkan data dari tahun 2004 hingga 2008, untuk menganalisa konsumsi makanan pedas pada hampir setengah juta orang yang berusia 30-70 tahun di 10 daerah di Cina. Hasilnya seperti dikutip KALCare, makanan pedas mampu membuat hidup lebih lama.

Mereka yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 kali dalam seminggu memiliki resiko meninggal prematur lebih rendah 14% jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi makanan pedas sekali seminggu atau kurang dari itu.

Kandungan yang ada pada makanan pedas yakni Capsaicin adalah bahan bioaktif yang ditemukan pada cabai. Bahan ini dipercaya dapat membakar lemak, melawan infeksi, dan menstimulasi ginjal, hati, dan paru-paru.

Makanan pedas sejatinya memiliki tingkat phenolic yang tinggi, yaitu bahan kimia bernutrisi dan anti-radang. Bio-psychologist John E. Hayes berpendapat bahwa sifat protektif yang timbul saat cabai dimakan adalah sangat menarik.

Namun, dalam mengonsumsi makanan pedas juga ada batasnya. Jika berlebihan, akan menimbulkan efek samping, yaitu sulit mengontrol kandung kemih yang bekerja berlebihan.

Teks & Foto Yudianto

Leave A Reply