Bahaya Mencabut Bulu Hidung

0

Bintaronline.id – Munculnya bulu hidung yang keluar lubang sangatlah menyebalkan. Selain mengganggu penampilan, bulu hidung tersebut juga mengurangi tingkat kepercayaan diri kita.

Bagi sebagian orang, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mencabutnya. Namun, langkah itu sangatlah salah.

Seperti dimuat Instagram Infokesehatan_id, pakar kesehatan di bidang otolaringologi dan penyakit telinga, hidung, tenggorokan, hingga kepala dan leher, yang berasal dari New York University di Amerika Serikat bernama dr. Erich Voigt menyarankan kita untuk tidak membiasakan diri mencabuti bulu hidung yang keluar dari lubang.

Larangan tersebut dikeluarkan karena jika kita kerap melakukannya, dikhawatirkan akan membuat kuman dan bakteri akan memasuki folikel bulu hidung yang terbuka setelah kita mencabut bulu. Ini tentu akan memicu infeksi.

Faktanya bulu halus yang ada di dalam hidung bisa jabarkan menjadi yang berjenis vibrissae dan juga mikroskopik silia. Kedua jenis bulu hidung ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun fungsi utamanya tetap menyaring berbagai kotoran atau benda berbahaya serta lendir yang bisa bisa saja memasuki saluran pernapasan dan akhirnya menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Selain itu area hidung dan sekitar mulut ternyata masuk dalam area yang sensitif karena terkoneksi langsung dengan otak melalui pembuluh darah vena yang juga terkait dengan pembuluh darah yang ada di dalam hidung.

Oleh sebab itu mencabuti bulu hidung, berarti memberikan jalan masuk bagi bakteri serta kuman, dan dikhawatirkan akan memasuki otak sehingga memicu gumpalan darah pada bagian sinus kavernosus.

Meski keluarnya bulu hidung sangatlah mengganggu, namun jangan sekali-sekali mencabutnya. Sebab yang menjadi utama bagi kita adalah kesehatan bukan penampilan.

Teks Yudianto
Foto Allure.com

Leave A Reply