Mitos Peniti pada Ibu Hamil dan Bayi

0

Bintaronline.id – Banyak mitos yang bermunculan tentang ibu hamil atau bayi yang baru dilahirkan. Salah satunya penggunaan peniti untuk mengaitkan gunting dan rempah bangle.

Sebagian orang percaya bahwa benda-benda tajam dan rempah bangle tersebut mampu menangkal berbagai hal berbau mistis. Ini sudah melekat dan menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.

Rempah bangle sendiri merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat, seperti menghilangkan sakit kepala dan nyeri tubuh, obat untuk pasien dengan gangguan fungsi hati, gangguan pencernaan, serta berkhasiat untuk melangsingkan tubuh. Apalagi jika dikonsumsi, sudah pasti sangat berkhasiat.

Jika melihat dari pandangan medis seperti dikutip Klikdokter.com, benda-benda tersebut sama sekali tidak memiliki efek terhadap ibu hamil dan bayi.

Justru benda seperti peniti dan gunting bisa berbahaya bagi ibu hamil dan bayi. Pasalnya, melekatkan benda tajam pada tubuh dapat menimbulkan risiko yang sangat berbahaya.

Pemasangan peniti yang tidak sempurna dapat melukai si ibu hamil atau bayi yang baru lahir. Dan luka tersebut dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi serius pada luka yang menjalar ke seluruh tubuh (sepsis), serta dapat menyebabkan tetanus.

Teks & Foto Yudianto

Leave A Reply