Tangsel Tambah Satu Destinasi Wisata di Kampung Keranggan

0

Bintaronline.id – Kampung Keranggan namanya, berlokasi di Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kampung ini didukung oleh 107 industri makanan ringan tradisional, seperti keripik pisang, keripik singkong, enyek, opak, kembang goyang, kacang sangrai, dan lain sebagainya.

Nantinya konsumen tak hanya membeli produk daerah itu. Mereka juga akan mendapat ‘bonus’ berupa kunjungan langsung ke workshop dan mengamati proses produksi produk yang dibelinya.

“Jadi, mereka (pengunjung) tak hanya sekadar membeli produk kuliner, tapi juga turut serta dalam proses produksinya,” ujar Ferry Payacun, Kabid Industri pada Disperindag Tangsel.

Tak melulu produk makanan, di Kampung Industri Wisata Keranggan yang digagas oleh Pemerintah Kota Tangsel ini, para pengunjung dapat menikmati wisata air Cisadane, wisata home industri, wisata kuliner, dan wisata alam outbond, serta kolam pemancingan.

Kemudian, warga Keranggan diminta fokus pada pengembangan industri kreatif. Lahan yang ada jangan sampai diserahkan kepada pihak pengembang akhirnya berdampak kurang produktif.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Tangsel, H Muhamad, menambahkan, warga pun diminta untuk tetap melestarikan kerbau sebagai destinasi wisata saat banyak orang berdatangan mencari refrensi liburan atau sekedar mencari kuliner. Potensi-potensi alam yang ada seperti pemancingan, sungai, dan yang lain-lain perlu dikelola dengan baik agar menjadi daya tarik tersendiri.

“Melihat kerbau yang lewat itu sudah menjadi keindahan tersendiri. Saat ini sudah jarang melihat pemandangan seperti itu, berharap tetap dipertahankan,” tuturnya.

Selain memanfaatkan alam, pemanfaatan kawasan permukiman juga perlu dikelola. Tidak perlu dibangun hotel, cukup manfaatkan rumah penduduk untuk tempat penginapan bagi warga yang ingin berkunjung dan bermalam. Konsep ini telah dilakukan diberbagai daerah dan sudah berjalan mereka cukup menarik dimintai banyak wisatawan.

Nadia

Leave A Reply