Hebat! SMA Plus Pembangunan Jaya Juara Indonesia Student Company 2017

0

Bintaronline.id – Student Company Sekolah SMA PLus Pembangunan Jaya Bintaro boleh berbangga. Kegiatan ekstra kulikuler yang bernama Entrepezo Nature Indonesia dan beranggotakan 22 orang siswa ini telah menorehkan prestasi. Bahkan, April 2018 nanti mereka akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional, Asia Pasific Student Company Competition di Beijing.

Ini semua bermula ketika mereka mengikuti kompetisi nasional Indonesia Student Company 2017, Senin (28/8) di Lotte Shoping Avenue. Mereka unggul sebagai pemenang sehingga terpilih untuk berangkat ke Beijing.

Pencapaian ini diraih lewat sebuah karya produk kreatif dan inovatif, yaitu Semerbak Nusantara, sebuah karya dari kegiatan ekstrakurikuler Student Company Sekolah SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro yang bekerja sama dengan NGO (Prestasi Junior Indonesia). NGO ini bergerak di bidang Pendidikan Kewirausahaan.

Semerbak Nusantara adalah Natural Car Air Freshner yang terbuat dari limbah serbuk kayu yang dicampur essensial oil tanpa menggunakan bahan sintetis. Produk tersebut tercipta dari hasil 3 permasalahan yang ditemukan oleh para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro yaitu Deforestation, Urban Life, dan juga banyaknya limbah serbuk kayu yang terbuang dari industri mebel dan sebagainya.

“Kompetisinya cukup ketat, awalnya kami berkompetisi di regional, kemudian setelah menang di regional kamj kembali berkompetisi di nasional,” terang Zahra Zhafira Andalusia, VP Public Relationship Entrepezo Nature Indonesia.

Kompetisi ini diikuti oleh 10 sekolah unggulan lainnya dari berbagai daerah. Mereka harus melewati beberapa tahap penilaian seperti presentasi, wawancara, booth, dan sebagainya.

“Untuk persiapan ke Beijing kami sedang mendevelop sebuah produk baru bernama freshdisk. Bentuknya seperti flashdisk dengan design yang udah kita tentukan, tapi keistimewaannya flashdisk tersebut dapat mengeluarkan aroma seperti kopi, kenanga dan sereh,” tambah Zahra.

Selain produk baru, Semerbak Nusantara juga akan diikut sertakan kembali di Asia-Pasific Student Company Competition. Namun, yang menjadi pembeda adalah munculnya dua aroma baru lagi yang bertemakan laut dan hutan Indonesia.

Student Company SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro, Entrepezo Nature Indonesia, merupakan kegiatan para pelajar yang dibimbing menjadi seorang pengusaha dengan mendirikan sebuah perusahaan siswa (SC) dan menjalankan perusahaan tersebut seperti fungsi aslinya.

Dalam SC ini mereka membuat profil perusahaan, mengadakan kegiatan rapat mingguan, membuat produk kreatif dan inovatif, menjual saham serta melakukan likuidasi di akhir periode.

Teks Yudianto
Foto Doc SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro

About Author

Leave A Reply