Workshop Bertajuk Cerdas dan Tangkas di Era Digital

0

Bintaronline.id – Revolusi teknologi dan media digital telah membuka peluang luar biasa, namun juga resiko nyata. Masalah intimidasi, bullying, keamanan privacy, hingga ketidakpastian informasi yang dipercaya dan HOAX, mengancam di depan mata dan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Dr. Yuhyun Park mengembangkan digital quotient yang merupakan kecerdasan digital untuk mengambil peluang yang luar biasa dalam memitigasi risiko, problema, dan gangguan dunia digital. Lalu, bagaimana agar kita, kaum muda dan anak-anak, bisa cerdas, tangkas dengan etis di era digital?

Center of Digital Excellences (CODE), yang merupakan kolaborasi dari para praktisi dan dosen senior dari universitas terkemuka di Indonesia mengembangkan Digital Emotional Social (DESQ) dan Digital Ethic (DE) guna menghadapi tantangan sosial.

Kemudian Sakola yang bekerja sama dengan DQ Institute dan CODE Indonesia telah mengadakan workshop parenting bertajuk “Cerdas dan Tangkas di Era Digital” pada hari Sabtu, 9 Desember pukul 09.00 hingga 12.00 WIB di Sakola Space, Tangerang Selatan.

Workshop parenting yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari orang tua, mahasiswa, dan para pendidik ini juga menghadirkan para pembicara hebat yang ahli di bidang media dan informasi. Seperti Achmad Ibrahim yanh memaparkan tentang kelimpahan informasi yang terjadi saat ini. Lalu Syam Surya Syamsi yang juga berbicara tentang DQ dan dimensi-dimensi di dalamnya. Selanjutnya Akhyar Ilyas Lubis yang menjelaskan tentang bagaimana etika dalam melakukan komunikasi di bidang digital dewasa ini.

Dengan berjalannya workshop ini, diharapkan para orang tua atau orang dewasa dapat menambah wawasan tentang bagaimana melindungi anak-anak dari pengaruh buruk penggunaan digital secara bijak, dan komunikasi keluarga diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat terhadap anak-anak yang kecanduan menggunakan teknologi digital.

Selain itu, para peserta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman terhadap kasus-kasus intimidasi, bullying, keamanan privacy hingga ketidak pastian informasi yang dipercaya dan HOAX.

Usai para panelis memaparkan masing-masing materinya, dilanjut dengan sesi tanya jawab bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan. Acara kemudian ditutup oleh MC, dan diakhiri dengan pemberian sertifikat oleh Kepala Sekolah Sakola kepada para panelis dan dilanjut sesi foto bersama. Dengan berakhirnya workshop ini semoga dapat memberikan pengaruh besar terhadap para orang tua terkait dampak digitalisasi bagi anak-anaknya.

Nadia

About Author

Leave A Reply