Cara Cerdas Pakai Earphone

0

Bintaronline.id – Earphone adalah alat untuk menyambungkan suara dari gadget ke telinga kita. Biasanya alat pengeras suara kecil ini digunakan untuk mendengarkan musik, menonton video atau menerima telepon.

Meski fungsinya sangatlah membantu, namun pemakaian earphone secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan telinga Anda.

Mendengarkan musik dengan volume yang sangat kencang pada akhirnya sedikit demi sedikit akan menurunkan fungsi pendengaran.

Menurut data badan kesehatan dunia, WHO, menyebutkan jika setidaknya ada 1,1 juta orang di seluruh dunia dengan rentang usia 12 hingga 35 tahun yang memiliki resiko kehilangan fungsi pendengaran akibat terlalu sering dan terlalu lama memakai earphone.

Sebab tanpa disadari, terlalu lama memakai earphone bisa memicu kerusakan pada gendang telinga bagian dalam.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan untuk lebih bijak menggunakan earphone setiap hari.

Maksimal penggunaan earphone hanya dianjurkan selama 90 hingga 120 menit saja, itupun dengan syarat harus melepaskannya beberapa kali agar telinga mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Jika earphone dipakai untuk urusan pekerjaan dalam waktu yang lama, setidaknya Anda bisa melepaskan sekali dalam sepuluh menit.

Selain itu, gunakan volume suara yang rendah dan sedang, yang terpenting memakai jenis earphone yang tidak terlalu masuk atau tertanam ke dalam telinga.

Teks Yudianto
Foto Istimewa

About Author

Leave A Reply