Mitos atau Fakta: Nasi Sebabkan Diabetes?

0
Bintaronline.id – Nasi sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Baik sarapan, makan siang, ataupun makan malam, nasi menjadi sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari.

Namun, benarkah nasi menjadi penyebab munculnya resiko diabetes?

Dikutip situs klikdokter sebuah penelitian yang dilakukan di dua negara Cina dan Jepang mengungkapkan, mengonsumsi nasi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Hasil penelitian ini serupa dengan yang di Singapura.

Seseorang yang mengonsumsi nasi terlalu banyak akan mengalami lonjakan gula darah. Pasalnya dalam jangka waktu lama, menyebabkan terjadinya resistensi insulin yang memicu diabetes.

Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengonsumsi nasi secukupnya karena kebutuhan harian tubuh manusia adalah 50-60 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 10-20 persen protein.

Namun, banyak dari kita yang kurang paham sehingga tak menghiraukan bahaya makan nasi dengan porsi berlebihan. Padahal 60 persen kebutuhan kalori tubuh yang didapat dari karbohidrat, bisa didapatkan dari minuman manis, kue, roti, mie, dan lainnya.

Teks Yudianto

About Author

Leave A Reply