Mata Bisa Tunjukan Penyakit

0
Bintaronline.id – Mata adalah salah satu organ tubuh terpenting pada manusia. Mata fungsinya untuk melihat.

Pada dasarnya mata merupakan sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak.

Mata sehat maka tubuh Anda juga ikut sehat. Namun, jika mata bermasalah itu berarti ada penyakit di dalam tubuh Anda.

Kenali tanda-tanda penyakit di dalam tubuh lewat mata seperti dikutip KALCare:

Stres

Jika pandangan Anda mengalami kesulitan fokus ketika membaca, bisa jadi ini diakibatkan karena Anda menderita Central Serous Retinopathy (CSR) atau retinopati serosa sentral. CSR adalah kelainan pada retina, tepatnya pada macula lutea. Umumnya, CSR disebabkan oleh stres.

Computer Vision Syndrome

Mata kering, lelah, dan sulit fokus, adalah ciri-ciri Computer Vision Syndrome. Ini disebabkan terlalu lama menatap layar laptop atau layar LED lainnya. Dr. Mark Jacquot, Direksi Klinik Lens Crafters Amerika, mengatakan bahwa mereka semakin banyak menemui pasien muda berusia sekitar 20 tahun yang mengalami kelelahan mata dan kesulitan untuk fokus.

Tekanan Darah Tinggi

Jika ada pembengkakan pada pembuluh darah di mata atau syaraf penglihatan, ini bisa mengindikasikan masalah tekanan darah tinggi.

Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center, menambahkan, gejala ini juga bisa dilihat dari arteri pada mata berwarna keperakan.

Diabetes

Jika ada pembuluh darah yang bocor di bagian mata maka kemungkinan Anda menderita diabetes atau pra-diabetes. Kadar gula darah yang tinggi menyumbat pembuluh darah di retina sehingga pembuluh darah lebih mudah pecah. Diabetes pada akhirnya akan merusak kemampuan melihat, sangat baik untuk mendeteksinya sejak dini dan melindungi indera penglihatan.

Stroke atau Tumor

Pada mata terdapat pembuluh darah yang berhubungan dengan otak. Jika pembuluh darah ini membengkak atau memiliki bayangan bisa menunjukkan penyakit serius, seperti stroke atau tumor.

Teks Yudianto

About Author

Leave A Reply