Cara Mudah Bikin Daging Empuk Pakai Bahan Alami

0

Bintaronline.id – Membuat makanan dengan olahan daging sapi tentu bukan perkara mudah. Selain bumbu, hal utama yang perlu diperhatikan adalah empuk, lunak, dan tidak alot-nya daging tersebut setelah dimasak.

Memasak daging memang perlu proses yang cukup lama. Agar daging empuk ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan merebus.

Namun, ada cara lain yang lebih mudah dalam mengolah daging agar empuk dan tidak alot setelah dimasak. Caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang sering kita temukan di rumah.

1. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki enzim yang disebut papain. Enzim ini sangat bermanfaat untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya cukup dengan meremas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Kemudian gunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging. Diamkan kurang lebih 30 menit. Tahap selanjutnya cuci daging sampai bersih kemudian tiriskan sebelum dimasak.

2. Buah nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang bisa bikin daging menjadi empuk. Sebab buah yang memiliki kulit kasar ini mengandung enzim bromelin. Enzim ini dapat menghasilkan serat yang ada pada daging menjadi lebih empuk dan lunak ketika diolah. Caranya parut nanas hingga halus. Jika Anda memasak daging sebanyak 1 kg, maka Anda hanya cukup menggunakan parutan nanas sebanyak 250 gram. Diamkan selama kurang lebih 45 menit. Setelah selesai cuci daging di bawah air mengalir sampai bersih. Kemudian tiriskan dan baru Anda bisa mengolahnya.

3. Kulit pisang

Jangan sepelekan kulit pisang. Sebab kulit pisang mampu membantu mengurangi protein di dalam daging agar lebih cepat empuk dan membuat daging yang diolah tidak mudah kering.

4. Kiwi

Selain buah nanas, buah kiwi juga mampu membuat daging cepat empuk karena kandungan enzim actinidin di dalamnya. Caranya cukup oleskan buah kiwi ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama 1-2 jam hingga buah kiwi meresap sebelum diolah.

Teks Yudianto

About Author

Leave A Reply