Ketika Bayi Anda Pilek, Ini yang Harus Anda Lakukan

0

Bintaronline.id – Bayi yang menderita pilek tentunya membuat Anda khawatir. Terlebih ada saat itu, bayi akan menjadi rewel, tidak bisa tidur, dan kesulitan bernapas.

Meski para ahli mengatakan pilek pada bayi akan hilang dengan sendirinya, tetap saja hal itu tidak membuat kita menjadi lebih tenang.

Anda bisa melakukan hal ini di rumah untuk meringankan pilek pada bayi Anda.

  1. Jangan tempatkan bayi Anda pada ruangan ber-AC. Suhu ruang akan membuat kondisi bayi lebih baik.
  2. Tahukah Anda jika air garam bisa bermanfaat mengencerkan ingus? Teteskan air garam ke ujung lubang hidung bayi, lalu gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkannya. Saline drops dan bulb syringe adalah alat penyedot ingus untuk bayi yang bisa Anda dapatkan di apotek.
  3. Agar penapasannya lebih lega, tepuk perlahan punggung bayi Anda. Caranya, baringkan bayi dengan posisi tengkurap pada lutut Anda. Atau pangku bayi Anda, condongkan tubuhnya ke arah depan. Tepukan lembut pada punggung akan membuat membantu melegakan napasnya.
  4. Pilek membuat kulit di sekitaran hidung bayi Anda menjadi lebih sensitive terutama karena terus-terusan diusap. Untuk menghindari iritasi, oleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung.
  5. Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi air hangat untuk membersihkan lendir di hidung bayi.
  6. JIka buah hati berusia 6 bulan, Anda sudah bisa memberikannya teh hangat untuk meredakan hidung yang tersumbat.

Teks: Erin

About Author

Leave A Reply