Alasan Cokelat Identik dengan Valentine

0

Bintaronline.id – Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Makanan manis yang lumer ketika masuk ke mulut ini sering dijadikan kado spesial pada perayaan-perayaan tertentu.

Valentine yang jatuh pada 14 Februari salah satunya. Memberikan cokelat di Hari Kasih Sayang, dianggap sebagai simbol dari hari Valentine. Mengapa demikian?

Seperti dimuat laman Bintang yang melansir dari Qraved, coklat memiliki sejarah panjang sebelum dijadikan kado makanan spesial bagi pasangan kekasih di hari Valentine.

Kala itu, cokelat juga menjadi pilihan hadiah mewah yang sering diberikan di kalangan kaum Aztec dan Maya kelas atas. Setelah tersebar ke daerah Eropa, cokelat pun jadi makanan yang sangat populer dan bahkan cokelat di sana mengalahkan popularitas kedai kopi.

Sementara, hari Valentine sendiri muncul di era Victoria. Saat itu bangsawan Inggris sepakat untuk memberikan satu hari khusus kasih sayang yaitu untuk menghormati pemuka agama bernama Valentine. Selanjut, para kesatria banyak yang melakukan tradisi memberikan hadiah kepada kekasihnya yaitu bunga mawar, lagu, dan juga puisi.

Ketika era Victoria Queen bertahta sejak 1837, momen Valentine pun menjadi lebih komersial karena tradisi memberi hadiah selalu dilakukan di hari itu. Sekitar 1861, Richard Cadbury, banyak melakukan inovasi dalam pemasaran cokelat.

Melihat banyaknya antusias masyarakat di hari Valentine, Cadbury mulai memproduksi cokelat batang di dalam kotak yang dihias gambar Cupid berbentuk hati. Tak disangka, dalam waktu singkat cokelat itu pun habis dijadikan hadian Valentine.

Sejak saat itulah, hingga kini cokelat sangat melekat sebagai hadiah hari perayaan kasih sayang atau Valentine’s day.

Teks Yudianto
Foto Castlemarne.com

About Author

Leave A Reply