Mitos ‘Menuangkan Air’ ke Telinga yang Kemasukan Air?

0

Bintaronline.id – Telinga merupakan sebuah organ tubuh sensitif yang mampu mendeteksi suara. Jika telinga kemasukan air, biasanya telinga akan terasa berdengung dan ketika berjalan gendang telinga seperti bergetar.

Tentunya hal ini menyebabkan rasa tak nyaman. Bila dibiarkan, telinga akan mengalami peradangan sehingga menimbulkan infeksi seperti kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar.

Namun, menurut sebagian orang, cara yang sederhana untuk mengatasinya adalah dengan cara memasukkan air ke dalam telinga.

Menanggapi hal ini, dr Agus Subagio SpTHT mengatakan menuangkan air kembali seyogianya boleh saja dilakukan. Namun, hal tersebut juga mesti memerhatikan kondisi telinga.

“Asal kondisi telinga baik-baik saja ya nggak kenapa menuangkan air kembali,” ucapnya seperti dikutip detikHealth.

Selain itu, cara lain untuk mengatasi air yang masuk ke dalam telinga yaitu dengan menarik atau menggerakkan daun telinga. Akan tetapi dr Agus kembali mengingatkan bahwa pada dasarnya air dapat keluar secara alami karena kondisi lingkungan yang hangat.

“Namun, pada beberapa pasien ada struktur anatominya yang bermasalah. Jadi ada lekukan di sekitar gendang telinga sehingga air yang masuk tergenang di dalam.”

Jika air di dalam telinga tak kunjung keluar, masih kata dr Agus, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Teks Yudianto

About Author

Leave A Reply